10 Cara Ampuh membuat Artikel Dalam Blog.

21 November

             Keinginan seseorang untuk bisa membuat blog yang bisa dikunjungi ratusan pengunjung memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi para Blogger. Apalagi bila bisa meraup receh dari sebuah blog, namun tidak semuanya bisa kita lakukan dengan semudah membalikkan telapak tangan.  Karena dalam hal tulis menulis tentunya kita harus tahu apakah keinginan dari seorang pengunjung yang ingin datang dari sekedar melihat lihat isi dari blog kita. Banyak para blogger yang kurang tahu tentang apa yang harus ditulis atau kita bubuhkan sesuatu yang dapat menarik pengunjung dalam blog kita.
        Kali ini saya akan membagikan 10 cara ampuh dalam membuat artikel dalam blog. Dan tentunya kita mesti mengerti dalam memilih dan menentukan apakah yang menjadi topik atau pokok dari tema dalam blog tersebut. 


1. What This?
Jenis yang pertama saya beri nama artikel what this? atau apa ini?. Jenis artikel ini pemburunya sangat banyak, tidak salah kalau Wikipedia selalu menjadi nomor satu kalau urusan artikel what this ini. Dari dulu saya bertanya, mengapa Wikipedia selalu populer di halaman satu pencarian Google, ternyaka, itu karena Wikipedia memberikan penjelasan tentang sesuatu.

Banyak orang menanyakan ke Google akan penjelasan sesuatu hal yang tidak diketahuinya. Misalnya bagi seorang blogger pemula, dihadapkan pada satu penjelasan HTML, yakin dan percaya saja, dia akan menanyakan pengertian HTML ke Google. Disitulah akan muncul banyak artikel tentang pengertian HTML.

2. How to...
Tidak kalah populernya dengan jenis artikel What This, artikel how to atau bagaimana cara melakukan sesuatu juga diburu banyak pembaca. Ketika seseorang telah mengerti penjelasan soal HTML misalnya, pasti langkan selanjutnya yang akan dilakukan oleh si pencari informasi tersebut adalah bagaimana cara menguasai HTML.

Seorang penulis yang baik dengan senang hati akan memberikan penjelasan kepada orang lain tentang sesuatu yang tidak diketahuinya. Salah satu tips agar menguasai tulisan jenis ini adalah dengan mencobanya secara langsung, lalu menceritakan kepada pembaca blog agar kesannya tidak diada-ada.

3. Tips and trick
Jenis artikel selanjutnya yang tidak kalah populernya di internet adalah tips and trick. Tidak heran, ada satu website di Amerika yang konsen mengisi kontennya dengan tips and trick dalam berbagai topik. Ini karena, jumlah pencari artikel semacam ini sangat banyak dan akan terus bertambah.

Orang-orang punya kelemahan mencari jalan pintas atau cara tercepat melakukan sesuatu. Misalnya belajar HTML, pasti akan ada orang yang mencari artikel di Google tips agar cepat menguasai HTML atau trick agar HTML yang dipelajari bisa berjalan dengan baik.

4. Bucket List
Pernah menonton film Bucket List yang dibintangi oleh Morgan Freeman? Kalau pernah maka kita sama (hehe). Jenis artikel yang paling banyak dicari oleh pembaca di internet adalah artikel bucket list atau daftar. Salah satu contohnya adalah tulisan ini yang menjelaskan 10 tipe artikel yang paling dicari di internet.

Artikel bucket list memang gampang-gampang susah (lebih banyak gampangnya dari pada susahnya). Salah satu tips agar bisa menang bersaing dengan jenis artikel ini adalah memberikan daftar yang lebih banyak dari pesaing. Misal orang lain menulis 5 tips agar menguasai HTML dengan cepat, Anda tulis 10 tips agar menguasai HTML dengan cepat.

5. Facts and Myths
Tipe yang kelima adalah artikel facts and myths atau fakta dan mitos. Jenis tulisan ini juga sangat banyak digemari oleh orang-orang. Hal-hal seputar fakta atau mitos disekitar kita bisa menjadi bacaan yang menggairahkan. Misalnya Anda menulis mitos perempuan yang belajar HTML akan jadi perawan tua. Hal ini akan menjadi bacaan yang diburu oleh orang-orang, utamanya perempuan.

Dalam kondisi yang sama, Anda juga bisa menulis tentang fakta bahwa ada banyak perempuan cantik di dunia yang jadi programer karena menguasai HTML.

6. Odd
Tipe artikel yang keenam adalah artikel odd atau ganjil, aneh, asing, ekstra, sambilan atau lebih banyak. Tipe ini memang artikel yang tidak biasa utamanya bagi tatanan sosial kita. Orang-orang akan dengan senang hati meluangkan waktunya untuk membaca satu artikel yang dirasanya ganjil.

Misalnya, seorang blogger yang tidak mengerti HTML dijadikan programer di Google. Tulisan-tulisan yang ketika melihat judul saja, sudah bisa membuat dahi seseorang mengkerut adalah jenis artikel yang akan dibaca oleh orang. Terlepas apakah isinya baik atau jelek.

7. Free
Kata free di Google bernilai 8 miliar lebih halaman pencarian, sedangkan kata gratis 1 miliar lebih. Itu artinya, banyak peselancar di dunia maya yang mencari gratisan. Maka dari itu, artikel yang tidak kalah populernya di internet adalah artikel gratis atau free.

Bukan memberikan artikel gratis atau free, tapi jenis artikel yang mengusung konsep gratis. Misalnya, download gratis ebook belajar HTML, atau cara gratis menguasai HTML dalam hitungan jam. Dimana-mana yang namanya gratis akan membuat mata orang terbelalak, apalagi kalau tulisannya Gratis iPhone 6+ (itu saya juga kepengen).

8. Different
Siapa bilang tampil berbeda itu selalu berkonotasi buruk. Buktinya ada banyak orang-orang di dunia yang sukses besar karena berani tampil beda. Begitu juga di dunia blog. Tidak sedikit artikel yang mengusung konsep different atau berbeda yang malah ramai dikunjungi. Itu karena belum ada yang sama dengan artikel yang dibuatnya. Orang-orang akan lebih senang dengan sesuatu yang baru.

Salah satu contoh suksesnya adalah Raditya Dika. Blogger yang kini telah melahirkan banyak buku itu awalnya menulis karena ingin tampil beda. Ia menyasar konsep humor dan jenaka. Dalam seketika, blog Radit melejit dan kini telah sukses setengah mati. Langkahnya pun diikuti oleh banyak blogger.

9. Entertainment 
Jangan remehkan tulisan-tulisan entertainment. Peminatnya sangat banyak. Apalagi pasca jam-jam sibuk. Orang-orang akan berselancar di internet untuk mencari tulisan-tulisan yang menghibur. Baik itu jenisnya humor jenaka atau artikel tentang artis dan jenis hiburan lainnya.

Jenis blog yang membahas kehidupan soal artis saja jumlahnya sangat banyak, belum lagi yang mengulas tentang film, musik, fashion dan segala macam tentang dunia hiburan. Selagi orang-orang disibukkan dengan pekerjaan yang membebani otak, maka saat itu juga jenis tulisan ini akan diburu.

10. News Update
Tipe tulisan ini memang sangaja saya taruh dibagian paling akhir, karena jenis tulisan ini biasanya sangat sedikit dimainkan oleh seorang blogger mandiri. Jenis tulisan news update biasanya digeluti oleh perusahaan media yang punya sumber daya yang besar.

Tapi tidak sedikit pula, blogger yang menggeluti artikel berkaitan dengan berita. Bahkan The Huffington Post, media pemberitaan khususnya politik di Amerika berawal dari tulisan-tulisan si Huffington di blog pribadinya. Kali saja, suatu saat ada media di Indonesia yang lahir dari rahim seorang blogger.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments