Cara Rooting dan Instal CWM untuk Samsung Galaxy V (SM-G313HZ)

29 December

 Samsung Galaxy V hadir dengan prosesor Dual-Core 1.2GHz, tampilan layar 4", baterai 1.500 mAh, RAM berkapasitas 512 MB dan interface pengguna TouchWiz UX Essence untuk kemudahan menikmati semua aplikasi favorit dan media Anda. Didukung oleh OS Android KitKat 4.4 versi terbaru, Samsung Galaxy V dikemas dengan banyak fitur yang berguna untuk penggunaan lebih baik, peningkatan kinerja, dan produktivitas yang lebih besar. Ini adalah salah satu smartphone yang dilengkapi dengan Android KitKat.

 Dalam thread ini, saya ingin berbagi tutorial tentang Cara menginstal CWM recovery dan rooting Samsung Galaxy V SM-G313HZ. Tapi Anda bisa juga menggunakan TWRP recovery jika Anda tidak suka CWM dan cara  merooting dengan mengikuti panduan ini.

Cara Rooting dan Instal CWM untuk Galaxy V (SM-G313HZ)

PERINGATAN: Rooting smartphone Samsung Anda akan membatalkan garansi dan Anda tidak akan dapat mengklaim kembali sampai Anda unroot perangkat Anda. Juga, jika perangkat Anda akan rusak selama prosedur rooting, Saya tidak bertanggung jawab. Lanjutkan dengan hati hati. 

Syarat yang harus dilakukan: 

1) Sebelum memulai dengan prosedur rooting, itu selalu penting untuk membackup cadangan lengkap dari data pribadi di smartphone Anda.Jadi membackup cadangan lengkap menggunakan Samsung Kies . 

2) Pastikan bahwa perangkat Anda memiliki setidaknya 50-80% cadangan baterai di dalamnya sebelum memulai dengan prosedur rooting.

3) Selanjutnya, Anda akan perlu untuk mengaktifkan mode USB debugging di smartphone Anda dengan mengikuti jalan ini: Pengaturan -> Options Developer -> USB Debugging. Jika Anda tidak dapat melihat pilihan Developer di Settings Anda, maka Anda akan perlu untuk mengaktifkannya dengan mengikuti jalan ini: Pengaturan -> Tentang Telepon -> Build Number (tap di atasnya selama 7 kali untuk mengaktifkan Mode Developer)

Cara Rooting dan Instal CWM untuk Galaxy V (SM-G313HZ)

Cara Rooting and install CWM untuk Galaxy V (SM-G313HZ).

Peralatan yang harus disiapkan:


  1. Peralatan komputer, PC / Laptop / Netbook.
  2. Download Odin3 v3.12.5.zip
  3. Download CWM_v6.0.3.7.zip.
  4. UPDATE-SuperSU-v 2.65.zip
  5. USB Driver Samsung
  6. Kabel data USB original Samsung.

Cara menginstal CWM recovery:


  1. Ekstrak odin dan CWM_v6.0.3.7.zip di computer. 
    Cara root Samsung Galaxy v
  2. Instal Odin v3.12.5 di computer, tunggu prosesnya hingga selesai. 
  3. Masuk menu Download Mode, dengan cara tekan dan tahan tombol menu + Power + Volume bawah secara bersamaan sampai masuk menu downloading. Hubungkan Smartphone Android Anda pada Computer dengan menggunakan kabel data USB dan tunggu sampai terdeteksi pada Odin. 
    Cara Rooting dan pasang CWM
  4. Jika Anda telah menginstal driver USB Samsung dengan benar di komputer Anda, Odin akan mengidentifikasi perangkat Anda dan Anda akan mendapatkan tanda pesan " ADDED "  dalam jendela. Juga, ID: COM pada bagian kotak atas dalam Odin dan akan berubah kuning.
  5. Sekarang, klik pada tombol PDA  dan pilih file CWM recovery (file .tar.md5) di komputer Anda. 
  6. Selanjutnya, hapus centang pilihan Re-partisi  dan  klik pada " Start" untuk memulai proses flashing. 
  7. Setelah proses flashing selesai, Anda akan mendapatkan pesan " PASS " dan perangkat smartphone akan reboot secara otomatis juga. 
  8. Sekarang, Anda dapat mencabut smartphone Anda dari komputer. 


Cara merooting Smartphone Android Galaxy V (SM-G313HZ).


  1. setelah mencabut Smartphone Android Anda dari komputer, matikan smartphone anda kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol Home+Power+Volume atas secara bersamaan sampai Smartphone Anda bergetar. Smartphone Android Anda akan melakukan booting dan masuk menu recovery mode (CWM recovery). 
  2. didalam mode recovery, terdapat menu pilihan. Pilih update apply From Sdcard. Atau Instal zip from SdCard. Cari file UPDATE-SuperSU-v2.65zip yang telah didownload tadi. Pilih Instal >> yes . tunggu hingga proses selesai.
  3. setelah selesai, Reboot System >> tunggu proses booting, sampai masuk menu cari aplikasi SuperSu. Bila anda menemukan aplikasi SuperSu.apk maka anda telah berhasil merooting Smartphone Android Samsung Galaxy V (SM-G313HZ). 

Jika Anda menemui masalah saat mengikuti tutorial rooting yang diberikan di sini, silahkan Anda tanyakan melalui komentar dibawah. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments